Skip to main content

Flowchart

Flowchart adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan aliran atau langkah-langkah dalam sebuah proses, dari awal hingga akhir. Flowchart ini terdiri dari berbagai simbol standar yang merepresentasikan setiap jenis langkah dalam proses, sehingga memudahkan kita untuk memahami dan mengikuti alurnya.


Simbol-Simbol Umum dalam Flowchart

  1. Oval - Menunjukkan awal dan akhir proses. Biasanya simbol ini ditempatkan di awal dan akhir flowchart.

  2. Persegi Panjang - Menunjukkan langkah proses atau tindakan tertentu. Ini adalah tempat instruksi atau operasi dilakukan.

  3. Jajaran Genjang - Digunakan untuk menunjukkan input atau output (misalnya, memasukkan data atau menampilkan hasil).

  4. Belah Ketupat - Menunjukkan kondisi atau keputusan dalam proses (misalnya, pertanyaan ya/tidak atau kondisi IF-ELSE).

  5. Panah - Menghubungkan simbol-simbol, menunjukkan arah aliran proses dari satu langkah ke langkah berikutnya.


Contoh Flowchart: Menghitung Luas Persegi Panjang

Misalkan kita ingin membuat flowchart sederhana untuk menghitung luas persegi panjang. Rumusnya adalah:

Luas=panjang×lebar\text{Luas} = \text{panjang} \times \text{lebar}

Langkah-langkah:

  1. Mulai.
  2. Masukkan nilai panjang dan lebar.
  3. Hitung luas dengan mengalikan panjang dan lebar.
  4. Tampilkan hasil luas.
  5. Selesai.

Flowchartnya akan tampak seperti ini:

  1. Start (Oval) - Menandai awal proses.
  2. Input panjang dan lebar (Jajaran Genjang) - Langkah di mana pengguna memasukkan nilai.
  3. Proses menghitung luas (Persegi Panjang) - Langkah untuk menghitung luas.
  4. Output luas (Jajaran Genjang) - Menampilkan hasil perhitungan.
  5. End (Oval) - Menandai akhir proses.

Contoh Flowchart: Menentukan Bilangan Terbesar dari Dua Bilangan

Langkah-langkah:

  1. Mulai.
  2. Masukkan dua bilangan, misalnya a dan b.
  3. Jika a lebih besar dari b, maka tampilkan a sebagai bilangan terbesar.
  4. Jika tidak, tampilkan b sebagai bilangan terbesar.
  5. Selesai.

Flowchartnya akan terlihat seperti ini:

  1. Start (Oval) - Menandai awal proses.
  2. Input a dan b (Jajaran Genjang) - Langkah input dua bilangan.
  3. Decision (Belah Ketupat) - Apakah a lebih besar dari b?
    • Jika Ya, lanjut ke langkah untuk menampilkan a.
    • Jika Tidak, lanjut ke langkah untuk menampilkan b.
  4. Output hasil (Jajaran Genjang) - Menampilkan bilangan terbesar.
  5. End (Oval) - Menandai akhir proses.

Cara Membuat Flowchart yang Efektif

  1. Mulai dengan Langkah yang Jelas
    Tentukan langkah awal dan akhir dengan simbol Start dan End agar proses lebih mudah dipahami.

  2. Gunakan Simbol dengan Benar
    Pilih simbol sesuai dengan jenis langkahnya, misalnya Belah Ketupat untuk keputusan atau kondisi.

  3. Sederhanakan Alur
    Buat alur yang mudah diikuti, hindari terlalu banyak cabang yang rumit. Flowchart sebaiknya mengalir dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

  4. Pilih Langkah yang Logis
    Urutkan langkah-langkah agar logis dan saling berkaitan, misalnya input sebelum proses, dan proses sebelum output.


Flowchart adalah alat visual yang sangat berguna untuk merancang dan memahami proses dalam pemrograman atau operasi bisnis. Dengan flowchart, kita bisa melihat alur proses secara keseluruhan, membuatnya mudah untuk memeriksa apakah ada langkah yang terlewat atau perlu disederhanakan.

Comments

Popular posts from this blog

80 ping service for blog promotions

Salah satu cara mempromosikan blog adalah dengan menggunakan fasilitas layanan ping. cara ini merupakan cara praktis agar blog selalu diketahui banyak pengunjung. Blogger sebenarnya telah menyediakan layanan ping bisa dilihat pada halaman pengaturan->Publikasikan->ping. jika kamu gak puas dengan layanan blooger kamu bisa memilih salah satu layanan yang ada dibawah. Ping Tips: Lakukan ping jika kamu telah mengupdate blog kamu. Lakukan ping jika kamu melakukan posting terbaru Jangan lakukan ping terlalu sering karna ini bisa dikatakan sebagai spam Lakukan ping seperlunya dan jangan berlebihan Ping favorite saya: http://mypagerank.net/service_pingservice_index http://www.pingoat.com/ http://pingomatic.com/ Dibawah ini merupakan kumpulan alamat ping service yang bisa kamu gunakan untuk promosi blog. 1470.net a2b.cc amagle.com apple.com bakeinu.jp bblog.com bitacoles.net bitacoras.com bitacoras.net blo.gs

Cara Share Printer

Cara Menghubungkan 2 Komputer : MEMBERIKAN ALAMAT TCP/IP Sebelum memberikan alamat TCP/IP tentu terlebih dahulu harus di pastikan Ethernet Card atau banyak juga menyebut LAN Card harus sudah terpasang dan ter-install Driver-nya di tiap PC yang akan di hubungkan. Mainboard generasi sekarang kebanyakan sudah ada Onboard Ethernet Card nya, bila belum ada bisa di beli dan di pasang serta di install Driver-nya. Ok..untuk memberi TCP/IP sekarang kita ambil contoh pada konfigurasi menggunakan Win xp,untuk OS lain nya kurang lebih juga sama, yang penting kan logika-nya...!Klik -> start --> Setting --> Network Connections --> klik-kanan Local are Connections-->Properties --> pada jendela Local are Connections Properties : pilih --> Internet Protocol(TCP/IP) -->klik Tab Properties --> lalu pilih : Use the following IP address -->lalu isikan IP address kelas C, seperrti gambar di bawah ini: Seperti gambar di atas IP address PC utama/Server adalah: IP address: 192.168

Perbedaan Bitmap Dan Vektor

Gambar Bitmap Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar. Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya. Gambar dengan tampilan 100% Gambar dengan tampilan 500% Contohnya adalah pada gambar di atas. Gambar Atas merupakan gambar yang asli dengan tampilan 100% sedangkan gambar yang Bawah adalah gambar yang sudah diperbesar. Gambar yang Bawah kelihatan kurang halus (kotak-kotak) setelah diperbesar 500%. Contoh software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint, PhotoPaint, dan lain-lain. Gambar Vektor Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari